Jakarta
- Kepala Sub-Direktorat Operasi Perawatan dan Kelaikan Udara, Captain
Avirianto, mengatakan faktor utama penyebab kecelakaan dalam penerbangan
adalah kelebihan jam terbang pilot. "Ini bukan masalah kurang training, namun manusia punya batas lelah," katanya di Jakarta, Rabu, 5 Juni 2013.
Menurut Avirianto, jam kerja pilot normalnya adalah 9 jam sehari, 110 jam sebulan, dan 1.050 jam setahun. "Namun, kalau dihitung pas 110 jam sebulan, akan berhenti di bulan Oktober, jadi kita ambil rata-ratanya, 85 jam sebulan," ujarnya.
Tingkat keselamatan penerbangan di Indonesia masuk kategori baik karena masih berada di bawah batas kecelakaan yang ditargetkan International Civil Aviation Organization. Tahun 2007, jumlah kecelakaan di Indonesia sebanyak enam kecelakaan. Lalu turun menjadi tiga kecelakaan pada tahun 2008 dan 2009. Selanjutnya turun dan tetap pada angka dua kecelakaan pada tahun 2010, 2011, dan 2012.
Sementara itu, target ideal keselamatan penerbangan ICAO adalah masing-masing region tidak boleh mengalami lebih dari delapan kali untuk seluruh kecelakaan atau 1,24 kali untuk kecelakaan fatal dalam satu juta jam penerbangan. Namun tahun ini ada penurunan dalam tingkat keselamatan. Sebab, sampai semester I tahun 2013, sudah tercatat tiga kali kecelakaan pesawat: satu undershoot di Bali, kebakaran pesawat di Wamena pada saat unloading barang berbahaya, dan ke luar runway di Wamena.
Menurut Avirianto, jam kerja pilot normalnya adalah 9 jam sehari, 110 jam sebulan, dan 1.050 jam setahun. "Namun, kalau dihitung pas 110 jam sebulan, akan berhenti di bulan Oktober, jadi kita ambil rata-ratanya, 85 jam sebulan," ujarnya.
Tingkat keselamatan penerbangan di Indonesia masuk kategori baik karena masih berada di bawah batas kecelakaan yang ditargetkan International Civil Aviation Organization. Tahun 2007, jumlah kecelakaan di Indonesia sebanyak enam kecelakaan. Lalu turun menjadi tiga kecelakaan pada tahun 2008 dan 2009. Selanjutnya turun dan tetap pada angka dua kecelakaan pada tahun 2010, 2011, dan 2012.
Sementara itu, target ideal keselamatan penerbangan ICAO adalah masing-masing region tidak boleh mengalami lebih dari delapan kali untuk seluruh kecelakaan atau 1,24 kali untuk kecelakaan fatal dalam satu juta jam penerbangan. Namun tahun ini ada penurunan dalam tingkat keselamatan. Sebab, sampai semester I tahun 2013, sudah tercatat tiga kali kecelakaan pesawat: satu undershoot di Bali, kebakaran pesawat di Wamena pada saat unloading barang berbahaya, dan ke luar runway di Wamena.
Sumber : Tempo.co
0 comments:
Post a Comment